Pepanggihan Kamis Pahing

Ikhsan Setyo Wibowo 06 Februari 2020 14:17:47 WIB

SIDA-GENJAHAN. Pemerintah Desa Genjahan mengadakan upacara pepanggihan dengan adat budaya pakaian Jawa Jangkep. Agung Nugroho, SE (Lurah) menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai awal mula/ tonggak sejarah desa Genjahan melaksanakan upacara adat menggunakan pakaian Jawa Jangkep. Diharapkan setiap kamis pahing diadakan kegiatan serupa didesa Genjahan. Setelah acara upacara ini, akan dilanjutkan dengan materi pengenalan pakaian Jawa Jangkep baik untuk putra maupun putri oleh Mbak Wasti (Tokoh Budaya Desa Genjahan). Untuk selanjutnya akan diadakan materi-materi yang lain seperti halnya sesorah, langgam jawa, dan lain sebagainya, tambah Agung Nugroho, SE (Kamis Pahing, 06/02/2020).

 

Kamis Pahing merupakan hari perpindahan Kraton Yogyakarta dari Ambar Ketawang ke lokasi Kraton yang sekarang. Kamis Pahing disebut sebagai hari berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sejak Peraturan Gubernur Nomor 12 tahun 2015 dan suara edaran Sekda DIY tentang pakaian Tradisional Jawa dikeluarkan, seluruh Pegawai di lingkup Pemda DIY harus mengenakan pakaian tradisional termasuk juga di Pemkab Gunungkidul. Pemerintah Desa Genjahan pada hari Kamis Pahing, tanggal 6 Februari 2020 juga berpartisipasi dengan mewajibkan seluruh perangkat desanya menggunakan pakaian Jawa gagrag Ngayogyakarta. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan sebagai upaya nguri-nguri kabudayan Jawi. Kegiatan ini diisi oleh narasumber Ibu Suwasti dari Sanggar Rias Ika. Materi yang disampaikan meliputi tatacara "laku dhodhok", "lenggah", "wiru jarik", dan "ngadi busana gagrak Ngayogyakarta".
Agung Nugroho,S.E. mengemukakan " Desa Genjahan telah ditetapkan sebagai Rintisan Desa Budaya. Oleh karena itu, kami selalu berupaya untuk melestarikan budaya Jawa. Tidak hanya sekedar peringatan, tetapi langkah nyata."

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung