KEGIATAN SENAM GERMAS KALURAHAN GENJAHAN

Surya 17 Mei 2024 20:08:33 WIB

Germas  adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku  yang kurang sehat. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari lingkungan keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang menbentuk kepribadian. Aksi ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Pada hari ini, Jumat 17 Mei 2024, bertempat di halaman Kantor Kalurahan Genjahan Kapanewon Ponjong Kabupaten Gunungkidul, diadakan kegiatan senam dalam rangka mendukung  program Germas. Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta dari unsur pamong, kader serta masyarakat sekitar dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan dipandu instruktur senam Ibu Giyati Siswantini dan rekan, yang merupakan instruktur senam dari Kalurahan setempat.

Kegiatan senam yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut selain sebagai sarana untuk menjaga kebugaran tubuh, juga sebagai sarana silaturahmi. Senam berakhir pada pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dengan sesama peserta senam.

Mengutip dari buku saku 7  kegiatan Germas yaitu:

  1. Melakukan aktifitas fisik
  2. Budayakan makan buah dan sayur setiap hari
  3. Tidak merokok
  4. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  5. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala
  6. Menjaga kebersihan lingkungan dan
  7. Menggunakan jamban sehat

Harapannya, kegiatan senam ini dapat rutin dilakukan selain di lingkungan Kalurahan Genjahan, juga dilakukan di lingkungan padukuhan maupun lingkungan kecil di Kalurahan Genjahan Kapanewon Ponjong Kabupaten Gunungkidul. (Surya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung