BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK TANI KALURAHAN GENJAHAN

Suharyadi 22 Maret 2023 10:33:44 WIB

Pertanian adalah kegiatan mengelola sumber daya alam hayati dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk menghasilkan komoditas pertanian yang mencakup sub sektor pertanian seperti : tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, Perikanan, dan peternakan dalam suatu agro ekosistem.

Pasca pandemi Covid-19, harapan kesejahteraan petani meningkat seiring pertumbuhan sektor pertanian yang dapat dilihat dari nilai tukar petani.

Peran Serta petani sebagai andalan dalam pembangunan pertanian, dituntut harus memiliki kemampuan pengetahuan ketrampilan dan sikap yang baik menuju Petani Milenial.

Pemerintah ingin meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meminimalkan persentase kemiskinan melalui peningkatan kemampuan petani dan penyuluh pertanian pasca pandemi Covid-19. Maka dari itu, diadakanlah Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian.

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani yang diselenggarakan di Balai Kalurahan Genjahan, menghadirkan Bapak Heri Susanto, A.Kom, M.Si sebagai praktisi Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupatèn Gunungkidul.

Menurut Praktisi upaya optimalisasi pendapatan dari hulu ke hilir para petani ditengah kebutuhan pangan semakin meningkat, lahan pertanian semakin berkurang maka petani harus bisa merubah mainset dari petani yang bisanya bercocok tanam menjadi petani Milenial yang mampu mengolah hasil pertaniannya ke produk olahan yang bisa pasarkan melalui media dan UMKM

Lurah Genjahan, Bapak Agung Nugroho, SE, M.AP dalam sambutannya mencanangkan program TANI MAJU, PETANI MILENIAL, dengan memberikan dana desa sebesar 20% bagi para Petani. Bapak Agung Nugroho, SE, M.AP Lurah Genjahan akan membawa Kalurahan Genjahan menjadi kalurahan yang gemah ripah loh jinawi dengan lumbung Mataram " jangan sampai ada pepatah ADA TIKUS MATI DI LUMBUNG PADI " Sambut Pak Lurah.

Selanjutnya Lurah Genjahan menyerahkan bantuan bibit dan jagung kepada Kelompok Tani dan KWT.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung