SARASEHAN TOSAN AJI DALAM RANGKA HARI JADI KALURAHAN GENJAHAN 110

Suharyadi 29 Agustus 2022 06:01:33 WIB

Salah satu bentuk kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Genjahan ke 110 atau Sebelas Dasa Warsa, sekaligus sebagai wujud kepedulian terhadap karya peninggalan para leluhur, Panitia bekerja sama dengan Paguyuban Tosan Aji Ponjong ( Panji Ponjong ) bersama pemerintah Kabupaten Gunungkidul, demi melestarikan dan memetri tosan aji mengadakan saresehan tosan aji di Balai Kalurahan Genjahan.

Dalam sarasehan yang di gelar pada tanggal 26 Agustus 2022 oleh Panji Ponjong bekerjasama dengan Dewan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul mengundang pakar tosan aji dari Kraton Ngayogyakarta.

Untuk tahun ini pakar yang diundang adalah termasuk abdi dalem Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat yang menguasai ilmu atau pengalaman tentang tosan aji, yaitu Raden Hartoyo Sutopo.

"Masalah tosan aji, dunia melalui UNESCO dalam penelitihannya pada tanggal 25 November 2005 menetapkan bahwa keris atau tosan aji salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia wajib bangga dan perlu melestarikan warisan budaya tersebut". Kata Raden Hartoyo Sutopo

"Perlu kita mengetahui perihal tosan aji dan memetri jangan sampai kita salah memahami  warisan para leluhur". Imbuh Raden Hartoyo Sutopo.

Dalam saresehan ini selain dihadiri ketua Dewan Kebudayaan dan Dinas Kebudayaaan juga dihadiri Bapak Drs. KH Bardan Utsman, MPd.I dan para peserta saresehan yang berjumlah 120 0rang.

Drs. KH Bardan Utsman MPd.I dalam tauziahnya menyampaikan bahwa masalah syirik dan tidaknya tosan aji tergantung pada niat pemiliknya, tosan aji hanyalah karya manusia yang tidak mempunyai daya dan kekuatan, hanya Allah SWT yang Maha memiliki Daya dan Kekuatan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung