PAWIYATAN PAMONG ANGKATAN 60

Suharyadi 09 Juni 2022 20:24:10 WIB

Di tengah arus globalisasi, tak sedikit masyarakat mulai luntur kecintaannya pada budaya lokal. Walau pun demikian, masih ada beberapa orang yang berupaya melestarikan budaya lokal. Keraton Yogyakarta, berupaya untuk menanamkan nilai-nilai budaya pada masyarakat khususnya masyarakat Yogyakarta.

"Menjaga keistimewaan Yogyakarta adalah tanggung jawab kita bersama," ujar KPH Yudohadiningrat.

Sembilan orang Dukuh di Kalurahan Genjahan yaitu :.

1. Sarju Riyanto 

2. Suharyadi, S.IP

3. Nurya Arifin

4. Subo Harsono

5. Dewi Yuliastuti, S.S

6. Sukismiyati, SPd. I

7. Wahyu Setya Putra

8. Aris Munandar

9. Kandung Subagya

Telah terjadwal mengikuti Pawiyatan Pamong Angkatan 60 Tahun 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 8 - 10 Juni 2022, menyusul dua orang Dukuh yang telah mengikuti kegiatan serupa pada tahun sebelumnya yaitu Baryadi dan Anggit Prabowo, Amd.

Kegiatan Pawiyatan Pamong yang berlangsung selama 3 hari tersebut bertempat di Gedung Punakawan Ragam Kriya, Jl. Ahmad Dahlan No. 73, Yogyakarta dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat serta Pura Pakualaman.

Selama 3 hari 9 Dukuh Kalurahan Genjahan  memperoleh banyak pengetahuan tentang Undang-undang Keistimewaan DIY, sejarah DIY, Tata Lampah, Tata Krama serta ilmu Pranata Mangsa. Makna Mandat UU Keistimewaan DIY, Perdais Pertanahan dan Perdais Tata Ruang serta pengetahuan tentang sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta. materi yang disampaikan oleh narasumber bertempat di museum Punakawan, sedangkan pada hari kedua kegiatan dilaksanakan di Ndalem Kraton Ngayogyakarta dengan materi tentang Wawasan Budaya DIY, pelatihan Tata Lampah dan Tata Krama, Hajad Dalem serta ilmu Pranata Mangsa. Sedangkan materi tentang Dana Keistimewaan capaian-capaian Keistimewaan DIY dijadwalkan pada hari terakhir.

Pawiyatan Pamong  bertujuan untuk membentuk sikap mental dan meningkatkan kompetensi dasar kepamongan, dengan menghayati Keistimewaan Yogyakarta yang bersumber dari Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman. Pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti Pawiyatan Pamong diharapkan dapat diterapkan dalam pemerintahan dan kegiatan bermasyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung