HALAL BI HALAL

Suharyadi 25 Mei 2022 14:48:16 WIB

Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca Lebaran, tepatnya di bulan Syawal. Tradisi halal bihalal menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan.

Halal bihalal dapat dimaknai sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama sesudah bulan puasa Ramadan dalam suasana Idulfitri pada bulan Syawal dengan tujuan sebagai media untuk saling bermaafan sesama muslim dan orang yang hadir dalam acara tersebut supaya segala kesalahan yang telah dilaksanakan.

Pamong Kalurahan Genjahan beserta anak istri yang hadir di balai Kalurahan berlapang dada mengakui salah, khilaf dan dosa. Dan secara ikhlas berikrar halal bi halal, baik antara yang muda dengan yang tua, bersama sama memberi dan saling meminta maaf, antara yang satu dengan yang lainnya.

Disamping  upaya meningkatkan ukhuwah Islamiyyah antar keluarga Pamong Kalurahan Genjahan, Lurah Genjahan Bapak Agung Nugroho, SE, MAP menyelenggarakan acara halal bihalal bersamaan dengan arisan pamong oleh keluarga Bapak Iksan Setya Wibowo,  acara tersebut menghadirkan Bapak KH. Hirkam untuk memberikan tausiah.

Dalam hikmah syawalnya, KH. Hirkam dalam tausiyahnya mendoakan semua Keluarga Pamong Genjahan Semoga Allah memberi ridho atas langkah terpuji ini. Semoga kita semua kembali kepada fitrah, dan Allah senantiasa membimbing pada kita dalam kebaikan dan ibadah, baik ibadah langsung pada Allah maupun pergaulan hidup di dunia.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung