MALAM TIRAKAT DIMAKAM MT PONTJODIRDJA

Suharyadi 25 Mei 2022 06:20:22 WIB

Tradisi tirakatan memperingati hari jadi Kabupaten Gunungkidul dimakam Bupati Pertama MT Pontjodirdja yang berada di Padukuhan Kerjo 1 bisa dimaknai sebagai bentuk menahan hawa nafsu, bisa pula dimaknai sebagai bentuk ucapan syukur. 

Tradisi yang sudah biasa dilakukan warga sekitar tanggal 27 Mei malam tidak lain sebagai media mengucap syukur atas perjuangan dan perkembangan Gunungkidul yang telah diraih.

Tirakatan hari jadi Gunungkidul ke 191, dihadiri oleh para sesepuh, Lurah Genjahan, Kapolsek Ponjong, Panewu Anom Ponjong, serta warga setempat. Acara yang dilaksanakan di halaman makam MT Pontjodirdja diawali pembukaan dilanjutkan sambutan Lurah Genjahan Bapak Agung Nugroho, SE, M.AP, sambutan kedua Panewu Anom Ponjong, kemudian kenduri dan doa keselamatan untuk mengenang jasa Bupati Gunungkidul, usai doa kemudian dilanjutkan dengan makan bersama para tamu undangan di gedung tenis meja GPC Sport Center.

Kenduri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti perjamuan makan untuk memperingati peristiwa, meminta berkah, dan sebagainya. Kenduri atau yang lebih dikenal dengan sebutan selamatan atau kenduren (sebutan kenduri bagi masyarakat Jawa) telah ada sejak dahulu sebelum masuknya agama ke Nusantara.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung