BUKBER SEBAGAI SARANA UKHUWAH ISLAMIYYAH

Suharyadi 25 April 2022 17:25:09 WIB

Bukber alias 'buka bersama' jadi agenda banyak orang saat bulan puasa, seperti halnya yang dilakukan Pamong Kalurahan Genjahan. Keluarga besar Pamong bertemu di rumah Ibu Dewi Yuliastuti, S.S ( Dukuh Susukan 3 ) menikmati hidangan bersama saat azan magrib berkumandang. Buka puasa bersama seolah sudah menjadi tradisi sebagian besar orang Indonesia. Acara yang dilakukan bersamaan dengan arisan Pamong setiap bulan pada tanggal 25, kali ini menghadirkan Ustadz Rohmad Mulyono S.Ag untuk memberikan tauziah.

Dalam tauziah nya beliau menyampaikan manfaat yang bagi orang yang mendapat pahala karena menghidangkan makanan bagi orang yang sedang berpuasa, baginya akan mendapatkan pahala yang sama bago yang berpuasa tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya orang yang berpuasa tersebut.

Sebagian kutipan hadis menuturkan :  dari Sa’id bin Musayab dari Salman ia berkata: 

" Rasulullah SAW berkhotbah kepada kami di hari terakhir bulan Sya’ban. Beliau bersabda, Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadan, maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut".

Adapun, mengundang orang untuk berbuka bersama juga berarti mengundang orang untuk menjadi tamu di rumahnya. Itu artinya pengundang juga akan mendapatkan banyak kebaikan dari amalan menjamu tamu atau dliyafah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung