FADHILAH SHOLAT SUBUH BERJAMAAH

Suharyadi 21 April 2022 04:57:12 WIB

Sholat subuh dianggap sebagai waktu terberat bagi sebagian umat Islam untuk menunaikannya. Banyak orang memilih melanjutkan tidur ketimbang menunaikan sholat subuh tepat waktu.

Padahal, sholat subuh memiliki banyak keutamaan apalagi jika dikerjakan tepat waktu dan secara berjamaah. Seperti yang tersirat dalam penggalan adzan sholat subuh “asholatu khairum minannaum”, yang artinya sholat lebih baik daripada tidur.

 

Fadilah Sholat Subuh menurut Hadis Rosululloh SAW :

1. Rasulullah SAW mendoakan umatnya yang melaksanakan sholat subuh berjamaah agar mendapatkan berkah ketika melakukan aktivitas di pagi hari..

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah).

2. Membuka pintu rezeki

Hal ini tersirat dalam hadits Rasulullah SAW berikut.

“Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari.” (HR. Al Mundziri).

3. Mendapatkan cahaya pada hari kiamat

Allah SWT memberikan ganjaran yang luar biasa bagi umat-Nya yang menuju masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan cahaya sempurna di akhirat kelak

4. Mendapat ganjaran sholat sepanjang malam

Dari Utsman bin Affan RA berkata; Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang Shalat Isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang Shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung