MENINGKATKAN KINERJA DAN PROFESIONALISME DUKUH

Suharyadi 18 April 2022 12:30:56 WIB

Organisasi paguyuban merebak di Indonesia. Mereka yang tergabung di dalamnya terikat kuat dengan karakter kekeluargaan yang mendarah daging.

Organisasi Paguyuban Dukuh Janaloka Kpanewon Ponjong merupakan struktur kecil dalam sebuah organisasi pemerintah Kalurahan, yang mana kepentingan dan kesejahteraan Dukuh mendapat perhatian dari Pemerintah.

Para Dukuh yang tergabung di dalamnya memiliki rasa sukarelawan yang tinggi dan tidak terikat.

Kapanpun mereka ingin keluar dari anggota paguyuban, mereka boleh saja melakukannya.

Berasal dari kata “guyup” yang memiliki arti akur atau bersama, Paguyuban Dukuh Janaloka Kapanewon Ponjong merupakan perkumpulan yang bersifat kekeluargaan.

Paguyuban Dukuh Janaloka Kpanewon Ponjong bersifat informal terbentuk atas dasar cinta dan kasih sayang persaudaraan. Solidaritas dan toleransi menjadi prinsip yang tertinggi.

Segala perbedaan bukan masalah untuk mencapai tujuan bersama dan tidak ada aturan yang membuat para Dukuh terikat secara batin dan alami.

Menurut Sarju Riyanto ( Dukuh Kerjo 2, Genjahan Ponjong ) sebagai Ketua Umum Paguyuban Dukuh Janaloka Kapanewon Ponjong, menuturkan "Didalam paguyuban terdapat pembagian kerja yang jelas serta struktur dalam skala kecil seperti didalam keluarga. Hukum alam dan norma umum antar sesama Dukuh telah menjadi pengikat dan pengatur kinerja para Dukuh".

"Dengan terbentuknya paguyuban Dukuh ini sangat diharapkan agar dapat meningkatkan kinerja di dalam melaksanakan tugas Pemerintahan dan kinerja kewilayahan dalam segala bidang, baik bidang administrasi, Ideologi, Politik Ekonomi, sosial kemanusiaan, budaya, pertahanan keamanan lingkungan dll."

"Selain itu Paguyuban Dukuh Janaloka Kapanewon Ponjong menjadi lebih jelas dengan adanya ketua serta pengurus lainnya yang terbentuk dari orang-orang yang berlatar belakang sama sebagai Dukuh sehingga akan lebih mudah dalam mengelolanya". 

"Hal itu akan mengurangi konflik antar Dukuh sehingga mempermudah dalam mencapai tujuan bersama karena kesamaan visi dan misi serta sebagai wadah antar Dukuh untuk saling bertukar pikiran tanpa konflik." Tambah Ketua Umum Janaloka

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung