MARHABAN YAA RAMADHAN 1443 H

Suharyadi 25 Maret 2022 08:46:15 WIB

Bulan Ramadan selalu disambut penuh suka cita oleh umat Islam.

Bulan Ramadhan memang harus disambut dengan penuh kegembiraan. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi: Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (Hadis shahih, dan diriwayatkan oleh An –Nasa’i)

Bulan yang paling ditunggu ini menjadi momen istimewa untuk dirayakan. Tiap daerah memiliki tradisi dan keunikan tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadhan seperti :

1. Munggahan, Jawa Barat

2. Nyorog, Betawi

3. Meugang, Aceh

4. Malamang, Sumatera Barat

5. Apeman, Yogyakarta

6. Dugderan, Semarang

7. Pacu Jalur, Riau

8. Balimau, Minangkabau

9. Nyadran, Jawa Tengah

10. Megengan, Jawa Timur

11. Ziarah Kubro, Palembang

12. Padusan, Boyolali

13. Kirab Dandangan, Kudus

14. Dsb

Diawali dengan bismillahirrahmanirrahim, Pamong Kalurahan Genjahan dalam menyambut bulan penuh berkah, bulan suci Ramadhan 1443 H. dengan niat membersihkan diri secara lahir dan batin. Secara batin dengan cara saling maaf memaafkan kesalahan satu dengan yang lain, dan upaya lahir dengan mempersiapkan agenda kegiatan bulan Ramadhan dan mengajak kepada semua warga untuk bersama sama bersih lingkungan.

Lurah Genjahan, Agung Nugroho SE, M.AP mengajak kepada kaum muslimin untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, Semoga diampunkan segala dosa, diterima segala amal ibadahnya dan karuniai kebahagiaan, kejayaan, dan kesuksesan dunia akherat.

 

MARHABAN YAA RAMADHAN

Selamat menyambut bulan suci Ramadhan 2022 M/1443 H.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung