Pembinaan Jaga Warga Salah Satu Wujud Kepedulian Pemerintah Melindungi, Melayani Masyarakat

Suharyadi 19 Maret 2022 10:00:00 WIB

Jaga warga bukan hal baru tetapi merupakan nilai-nilai luhur yang sudah ada. Gotong royong sangatlah penting karena ada sebuah keprihatinan kelunturan nilai-nilai gotong royong di masyarakat, diharapkan kelompok jaga warga mampu mengurangi kekhawatiran masyarakat atas fenomena sosial yang ada di tengah masyarakat dan mampu menjadi garda terdepan menangani persoalan sosial, termasuk penanganan COVID-19.

Pada Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 28 Tahun 2021 mengatakan bahwa jaga warga adalah bagian dari pendukung keistimewaan DIY. Tugas pendampingan, sosialisasi dan pembentukan kelompok yang semula dilakukan kesbangpol saat ini diambil alih oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Pengalihan tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Gubernur Nomor 28 Tahun 2021.

Pembinaan Jaga Warga yang dilakukan Satpol PP DIY bagi Pengurus Jaga warga pada hari ini akan dilakukan di 3 tempat :

1. Pukul 09.00 WIB - selesai, Padukuhan Pati dan Susukan 1 bertempat di balai Kalurahan Genjahan.

2. Pukul 09.00 WIB - selesai Padukuhan Kerjo 1 dan Kerjo 2 bertempat di Balai Padukuhan Kerjo 1.

3. Pukul 13.00 WIB - selesai Padukuhan Susukan 3 dan Padukuhan Genjahan bertempat di Balai Kalurahan Genjahan Kecamatan Ponjong.

Adapun konsep sosialisasi : sarasehan antara pengurus jaga warga bersama perangkat padukuhan dengan Pemerintah Kalurahan dan Satpol PP DIY.

Dipimpin oleh Lurah Genjahan, Agung Nuroho SE, M.AP beserta Pamong Kalurahan (Carik, Kasi dan Kaur) staf, dan Dukuh yang tergabung dalam satuan Gugus Covid Kalurahan Genjahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa Genjahan dengan narasumber dari Kasie Pemberdayaan Masyarakat & Pendamping Jaga Warga Satpol PP DIY.

 

Ketua Kelompok Jaga Warga Padukuhan Pati menyampaikan bahwa selama ini Jaga Warga telah bersinergi dan saling koordinasi dengan pengurus RT, RW dan unsur lainya dalam menjaga keamanan lingkungan termasuk monitoring permasalahan Covid-19. 

Pengurus Jagawarga Susukan 1 mengharap agar materi sosialisasi dibukukan sebagai buku saku. Lurah Genjahan Bapak Agung Nugroho, SE,M.AP menuturkan bahwa tim jagawarga Genjahan sudah terbentuk di 11 Padukuhan, dan sudah berperan aktif dimasyarakat terlebih penanganan wabah covid 19, bahkan dengan sukarela serkuleran ( meminta bantuan dengan ider besek ). Namun kegiatan Jagawarga terkendala terbatasnya sarana prasarana berupa APD, maka beliau memohon agar dana danais yang terkait dengan wabah covid 19/omicron dipercepat pencairannya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya mengingat Dana Desa sudah banyak dipangkas untuk BLT.

Narasumber dari Satpol PP DIY, Ibu Sitadewi Rani, S.STP, MPA dan Pendamping Jaga Warga Satpol-PP DIY Ibu Tria Widianingsih, S.I.P menyampaikan tentang fungsi dan peran kelompok jaga warga dimasyarakat. Disamping itu masyarakat setempat diajak untuk peduli dan menjaga lingkungannya masing-masing. Orang tua harus menjadi teladan bagi anggota keluarganya sehingga anak tidak mencari kenyamanan diluar lingkungan keluarganya. Setelah beberapa materi disampaikan oleh narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pada akhir sosialisasinya Pendamping Jagawarga Satpol PP menyampaikan bahwa kedepan Jagawarga akan difasilitasi rompi dan Kartu Anggota Jagawarga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung