SAMBAT SEBUTE PETANI ING MANGSA RENDENG

Suharyadi 17 Maret 2022 10:24:37 WIB

Petani merupakan profesi yang ada di sektor pertanian. Seorang petani bekerja mengelola tanah dengan menanam tanaman padi, buah-buahan, sayur-mayur, bunga, ataupun komoditi lainnya. Hasil panennya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para petani, bisa juga dijual pada orang lain.

saat musim hujan tiba dan saatnya tiba para petani menanam benih padi, cukup rentan terhadap berbagai rintangan atau tantangan, seperti muncul dan berkembangnya OPT (Organisme Pengganggu Tanaman), dikarenakan curah hujan yang tinggi bisa berdampak negatif pada ledakan populasi OPT. Selain itu, potensi lahan rusak akibat intensitas hujan yang terlalu tinggi juga perlu diwaspadai, terutama di kawasan-kawasan langganan tergenang air.

 

Disamping itu, pertumbuhan gulma di musim hujan sangatlah cepat, hal ini disadari atau tidak disadari sangat mengganggu kelangsungan pertumbuhan padi secara normal. Demikian juga intensitas sinar matahari bakal tidak lagi normal seperti musim kemarau, karena di musim hujan sangat identik dengan awan mendung, secara otomatis sinar matahari akan tertutup atau terhalang.

menanam padi, merawat tanamannya dengan memberi pupuk, memanen padi. Kemudian mengolah gabah menjadi beras adalah kegiatan produksi.

Pada saat ini banyak petani yang mengeluh proses pengeringan gabah terhalang hujan setiap hari, sehingga gabah mereka banyak yang tumbuh akar seperti kecambah dan warna berasnya menjadi hitam. Informasi yang saya dapat dari SUYATNO salah satu petani yang sudah 1 Minggu panen belum bisa menjemur gabahnya. Dia mengatakan bahwa panen musim ini berkurang akibat sering terlambatnya kesediaan pupuk, serangan hama, dan saat panen harga beras menurun akibat kurang maksimalnya proses penjemuran sehingga berasnya berwarna hitam.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung