KALURAHAN GENJAHAN BERSAMA UNIVERSITAS GUNUNG KIDUL RINTIS ONE STOP DESWITA GENJAHAN

Suharyadi 15 Maret 2022 22:04:17 WIB

Universitas Gunungkidul bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melakukan pendampingan terhadap Desa Genjahan di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Pendampingan yang merupakan sebuah program menuju Rintisan Desa Wisata.

Ketua Tim pendampingan desa wisata Genjahan dari Universitas Gunung Kidul, Catarina Wahyu Dyah Purbaningrum, S.E., M.Pd., menyampaikan bahwa Desa Genjahan merupakan gerbang masuk utama kota Ponjong, yang kaya akan potensi wisata dan alamnya akan tetapi belum maksimal dalam pemberdayaannya. Dengan permasalahan tersebut diperlukan kerjasama dari berbagai pihak seperti pemerintah, pelaku usaha, masyarakat, institusi pendidikan dan media dalam memaksimalkan segala potensi yang ada untuk mewujudkan Desa Wisata Genjahan dengan memberdayakan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Genjahan khususnya. Dalam Pemberdayaan masyarakat untuk membangun desanya, salah satu yang terpenting adalah melibatkan masyarakat, dan jaringan sosialnya, seperti perangkat desa sampai struktur terrendahnya. Salah satu yang harus “dibangun” dimasyarakat adalah modal sosialnya ungkapnya pula. Konsep program rintisan One Stop Wisata Desa Genjahan, sambung dia, memiiki target antara lain menciptakan kelembagaan yang kredibel, terbangunnya desa ekowisata, tersedianya paket-paket wisata yang mampu bersaing, dan tercapainya peningkatan jumlah pengunjung.

Agung Nugroho, SE, M.AP Lurah Kalurahan Genjahan menuturkan, pemerintah kalurahan selama ini juga telah melakukan kegiatan dalam upaya membangun Genjahan menjadi sebuah desa wisata, yang harapannya akan mensejahterakan masyarakat. Dalam rangka mewujudkan cita-cita ini tentu saja pihaknya tidak bisa berjalan sendiri, perlu dukungan dari semua pihak baik itu dari pemerintah daerah, akademisi dan swata. Harapannya dengan sinergi dari semua unsur pentahelix ini akan terwujud Desa Wisata Genjahan yang menjadi pusat destinasi wisata Budaya di Kabupaten Gunungkidul.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung