LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BUMDes/ BUMKal AMANAH KALURAHAN GENJAHAN

Suharyadi 31 Maret 2022 13:55:15 WIB

Badan Usaha Milik Desa ( BUMdes/BUMKal) "Amanah" adalah Badan Usaha milik Kalurahan Genjahan yang bergerak dalam usaha desa dan dikelola oleh pengurus secara mandiri dan sudah Berbadan Hukum No AHU-00902.AH.01.33 tahun 2021. Pengelola Badan Usaha Milik Desa/Kalurahan Genjahan ditetapkan dengan Keputusan Lurah no. 02/KPTS/2020 tentang Pengelola BUMDes/BUMKal AMANAH. 

Sesuai Tupoksinya pengelola BUMKal diharapkan mampu mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Kalurahan Genjahan.

Permodalan BUMDes/BUMKal AMANAH berasal dari penyertaan modal Pemerintah Kalurahan Genjahan dengan kerja sama bagi hasil (SHU) atas dasar saling menguntungkan. Dipergunakan untuk meningkatkan Perekonomian Desa. Meningkatkan Pendapatan asli Desa. Meningkatkan Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Tujuan akhir BUMDes sebagai instrumen modal sosial yang diharapkan menjadi jembatan yang menghubungkan desa dengan lingkup perekonomian diluarnya sehingga menjadi penguat ekonomi di pedesaan.

Dalam laporan pertanggungjawaban BUMKal Amanah, Direktur BUMKal Subrani, SPd., MM menyampaikan laporan bahwa penyertaan modal Pemerintah Kalurahan Genjahan sejak tahun 2018 - 2021 senilai Rp. 300.000.000,00 ( Tiga Ratus Juta Rupiah ). dan pada tahun 2021 dari dana penyertaan selama 4 tahun membagikan SHU sebagai Pendapatan Asli Kalurahan Genjahan senilai Rp. 15.617.461,00 ( Limabelas Juta Enam Ratus Tujuh Belas Ribu Empat Ratus Enam Puluh Satu Rupiah )

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung